TEKNIK PEMESINAN

kakomli-cowok

NAJI'ALAN NASSIHUDDIN, S.Pd.

KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN
  • ISLAM
TPM

Praktikum CNC Teknik Pemesinan

Mesin CNC Teknik Pemesinan

Tujuan

Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Pemesinan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  1. Menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan
  2. Bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang Teknik Pemesinan
  3. Memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang Teknik Pemesinan

Teknik Permesinan atau yang lebih dikenal dengan nama TPM atau MP ini adalah salah satu jurusan dari program keahlian Teknik mesin. TPM menyediakan banyak fasilitas yang akan mempermudah siswanya untuk belajar dan melakukan praktek secara langsung. Inilah beberapa fasilitas yg dimiliki teknik permesinan :

  1. Mesin Bubut
  2. Mesin Frais
  3. Mesin bor
  4. Mesin Gerinda
  5. Mesin Sekrap
  6. Mesin Gergaji
  7. CNC Turning (bubut)
  8. CNC Milling

Dengan adanya fasilitas yg mendukung ini diharapkan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar. Dan tujuan dari jurusan TPM sendiri terpenuhi yaitu :

  1. Bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha dan Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang Teknik Pemesinan.
  2. Memilih karier, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang Teknik Pemesinan.
Scroll to Top