Membentuk Karakter Mulia Melalui Kegiatan IMTAQ di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk: Catatan dari Pembicara Bapak Minan Bahaudin, S.Ag., M.Pd

SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk menjadi saksi sebuah kegiatan berharga yang tidak hanya mendidik intelektualitas, tetapi juga spiritualitas siswa. Dalam acara Kegiatan Ilmu, Iman, dan Amal Qur’an (IMTAQ), Pengawas PAIS Kemenag Kabupaten Nganjuk, Bapak Minan Bahaudin, S.Ag., M.Pd, menyampaikan wawasan yang menginspirasi dengan tema sentral, “Akhlaqul Karimah.”

Arahkan Pemahaman Terhadap Akhlaqul Karimah

Bapak Minan Bahaudin membuka sesi dengan menyoroti pentingnya akhlaqul karimah dalam membentuk karakter seorang Muslim. Ia membimbing siswa untuk memahami bahwa keunggulan karakter bukan hanya sebatas pengetahuan akademis, melainkan bagaimana meresapi dan mengimplementasikan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

“SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk bukan hanya tempat belajar, tetapi juga ladang untuk memperkaya akhlak yang luhur,” ungkapnya.

Teladan dari Praktisi Pendidikan Islam

Sebagai seorang praktisi pendidikan Islam, Bapak Minan Bahaudin tidak hanya berbicara sebagai pengawas, tetapi juga sebagai individu yang memiliki peran aktif dalam mendidik karakter. Ia memberikan teladan nyata tentang bagaimana akhlaqul karimah dapat tercermin dalam setiap tindakan dan sikap sehari-hari.

“Seorang siswa yang memiliki akhlaqul karimah akan menjadi kebanggaan sekolah, keluarga, dan masyarakat,” paparnya.

 

Keterlibatan Siswa dalam Diskusi Interaktif

Kegiatan IMTAQ tidak hanya berfokus pada ceramah, melainkan melibatkan siswa secara aktif melalui diskusi interaktif. Bapak Minan Bahaudin mendorong para siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk untuk berbagi pengalaman dan ide mengenai penerapan akhlaqul karimah dalam lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari.

 

“Siswa adalah agen perubahan, dan setiap tindakan baik mereka memiliki dampak besar,” ujar Bapak Minan Bahaudin.

 

Jejak Pencerahan untuk Masa Depan

Kegiatan ini tidak hanya meninggalkan kesan sebatas ruang kelas, melainkan membawa dampak yang mendalam. Pencerahan yang disampaikan oleh Bapak Minan Bahaudin memberikan arah positif bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk untuk membangun masa depan yang bermartabat dan beretika.

 

Dengan demikian, kegiatan IMTAQ di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, yang dirangkai dengan inspirasi dari Bapak Minan Bahaudin, tidak hanya meningkatkan wawasan keagamaan, tetapi juga membekas dalam budi pekerti siswa sebagai pewaris nilai-nilai luhur Islam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top