Inspirasi Juara: Kemenangan Inotech II dan Misi Inovatif SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk

Keberhasilan tak datang dengan sendirinya. Ini adalah pelajaran berharga yang diukir oleh Jini Nirmala Zulfayani dan M. Arief Widodo, siswa berbakat dari SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, yang menorehkan prestasi cemerlang dalam ajang bergengsi, Inotech II.

Pada ajang yang digelar di Universitas Tribuana Tungga Dewi Malang pada Maret 2023, Jini dan Arief meraih Juara Harapan 2 dalam perlombaan Agripreneurship Inovasi dan Technology (Inotech II). Mereka menunjukkan kehebatan dan inovasi mereka dalam menghadirkan solusi bagi pertanian masa depan di bawah tema “Petani Milenial Menuju Era Society 5.0.”

Produk unggulan yang mereka tampilkan adalah Urban Farming Parean Product, sebuah sabun organik yang menggunakan buah Pare sebagai bahan dasar. Tidak hanya menghasilkan produk ramah lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit.

Kemenangan ini tidak hanya membuka pintu bagi Jini dan Arief untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Universitas Tribuana Tungga Dewi Malang, tetapi juga menjadi cermin bagi semangat dan kerja keras dari SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk dalam menghasilkan siswa-siswa berkualitas dan berinovasi.

Tidak lupa untuk menyebutkan peran penting Ketua Konsentrasi Keahlian, Ibu Kharina Karunia Astuti, yang dengan penuh dedikasi membimbing siswa-siswanya hingga mencapai prestasi gemilang dalam kompetisi bergengsi ini.

WhatsApp Image 2023-12-15 at 10.16.06 (1)

Dibuka oleh Rektor Unitri Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc., Ph.D, dan Dekan Pertanian Unitri DR. Ir. Amir Hamzah, MP, Inotech II menjadi panggung yang memperlihatkan tekad serta keberanian Jini dan Arief dalam mengekspresikan gagasan dan konsep yang mendukung pertanian modern.

Inilah bukti bahwa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, melalui konsentrasi keahlian Agriteknologi Pangan dan Hasil Pertanian (APHP), tidak hanya mengajarkan kurikulum, tetapi juga menggali potensi inovatif siswa-siswinya untuk membawa perubahan yang signifikan di bidang pertanian.

Kisah inspiratif Jini Nirmala Zulfayani dan M. Arief Widodo menggambarkan semangat para pemuda yang ingin berkontribusi bagi kemajuan masyarakat. Mereka adalah teladan bagi generasi muda untuk tak hanya bermimpi, tetapi juga bertindak nyata dan menghasilkan perubahan positif.

SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk terus berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Kisah Jini dan Arief adalah bukti nyata bahwa semangat, kesungguhan, dan kerja keras akan membawa seseorang pada puncak kesuksesan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top